Aplikasi Tik Tok Diblokir Pemerintah Karena Banyak Pelanggaran

Aplikasi Tik Tok Diblokir Pemerintah Karena Banyak Pelanggaran

Aplikasi Tik Tok Diblokir Pemerintah Karena Banyak Pelanggaran

BerbagaiCerita.com – Aplikasi Tik Tok Diblokir Pemerintah karena banyak melakukan pelanggaran. Aplikasi Tik Tok ini merupakan platform untuk membuat video pendek. Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi memblokir delapan Domain Name System (DNS) atau alamat internet yang berisi konten video Tik Tok. Meski begitu, untuk aplikasi Tik Tok yang tersedia di Play Store ternyata masih aktif dan tetap bisa digunakan.

Menkominfo sebelumnya sudah menghubungi pihak Tik Tok sejak awal agar aplikasi tersebut melakukan pembersihan konten di dalam layanannya. Setelah dibloklir, aplikasi video pendek ini bisa saja diberi akses kembali dibuka. Dengan syarat, menurut Rudiantara, jika layanannya sudah dibersihkan dari konten negatif. Dalam sebulan terakhir, Kominfo telah mengawasi Tik Tok dan menerima laporan dari masyarakat sebanyak 2.853 laporan.

“Sebenarnya platform live streaming seperti Tik Tok bagus untuk mengekspresikan kreativitas, namun jangan disalahgunakan untuk hal yang negatif,” papar Menkominfo. “Setelah bersih dan ada jaminan untuk menjaga kebersihan kontennya, Tik Tok bisa kami buka kembali.” “Pornografi, pelecehan agama, banyak sekali pelanggarannya,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. Semuel menjelaskan bahwa Tik Tok diblokir sejak Selasa siang (03/07).

Paling Hot : 7 Foto Maria Vania kenakan jersey, bikin pangling lihat nya

Menteri Perhubungan Rudiantara mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia terkait kebijakan ini. Kominfo pun juga menghubungi pengelola Tik Tok untuk segera membersihkan aplikasi mereka dari konten negatif.

Menurut Rudiantara, pendekatan yang dilakukan Komindo sama dengan apa yang dilakukan pada aplikasi serupa bernama Bigo. Saat itu, Kominfo memberi peringatan sehingga puluhan staf Bigo bekerja membersikan aplikasinya dari konten negatif.

Kominfo memastikan, pemblokiran terhadap Tik Tok tidak akan berlangsung selamanya. Kominfo berjanji jika aplikasi Tik Tok telah bersih dari konten negatif, maka pengelola bisa membuka dan mengaktifkannya kembali. Aplikasi Tik Tok menjadi perbincangan warganet setelah beredarnya video seorang remaja bernama Bowo Tik Tok atau Bowo Alpenliebe. Video remaja berumur 13 tahun ini viral di dunia maya.

Bowo Tik Tok atau Bowo Alpenliebe memiliki akun Tik Tok Bowoo_Outt_Siders yang punya lebih dari 840 ribu fans dan video-video singkatnya telah disukai lebih lebih dari 7,4 juta kali. Prabowo yang terkenal dengan nama Bowo dan sering menyebut dirinya sendiri dengan nama “owo” ini adalah seorang siswa SMP di Tangerang Selatan.

Bowo begitu populer sampai penggemarnya bersedia membayar Rp 80 ribu untuk hadir dalam acara jumpa fans anak berumur 13 tahun itu. Tak hanya dipuja oleh fans, tak sedikit juga orang yang kemudian menghujatnya dengan kata-kata yang tidak pantas.

Baca Juga :

MAS88