Instagram Mengeluarkan IGTV Dengan Durasi Video 10 Menit

Instagram Mengeluarkan IGTV Dengan Durasi Video 10 Menit

Instagram Mengeluarkan IGTV Dengan Durasi Video 10 Menit

BerbagaiCerita.com – Media sosial berbagi foto dan video, Instagram Mengeluarkan IGTV Dengan Durasi Video 10 Menit. Fitur yang tadinya hanya dipatok satu menit, diperpanjang menjadi lebih lama. Pengguna Instagram dengan 10.000 pengikut atau lebih akan dapat memposting video hingga satu jam. Pengguna dengan lebih sedikit pengikut dapat memposting hingga 10 menit video.

IGTV nantinya akan bisa memutar video secara vertikal. Konsepnya mirip dengan YouTube. Nanti juga akan ada beberapa rekomendasi akun yang bisa diikuti. CEO Instagram Kevin Systrom, berkata aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna mencari dan menonton video di smartphone.

Ia paham kalau kebanyakan aplikasi video streaming menuntut pengguna untuk mencari via direktori. Berbeda dengan konsep TV di mana tinggal menyalakan dan langsung duduk manis menonton. Karena itu, IGTV mengambil konsep semudah menonton TV. Untuk sekarang, IGTV tidak akan memiliki iklan. Namun Systrom berkata kalau pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

IGTV sendiri saat ini sudah tersedia di Amerika Serikat, untuk Indonesia, belum tahu kapan. Yang pasti, ia akan tersedia pada iOS dan Android. Analis juga membandingkan IGTV ke platform video milik Google, YouTube.

Menurut analis media dan teknologi Rich Greenfield dari BTIG, pengguna Instagram sudah menggunakan fitur Cerita untuk menghubungkan ke YouTube. Hal ini guna mengarahkan pengikut ke video berdurasi lebih panjang.

Paling Hot : Video Viral DJ Aisyah Goyang Pokemon Tanpa Sensor

“Sekarang, Instagram dapat menyimpannya, dan mendorong keterlibatan waktu yang lebih besar,” kata Greenfield. “Saya pikir ini adalah evolusi alami dari gambar ke video, ke cerita, dan sekarang ke video berdurasi panjang.”

Pengguna Instagram menghabiskan lebih banyak waktu daripada melihat foto, video, dan meme. Pengguna di bawah usia 25 kini menghabiskan lebih dari 32 menit setiap hari di platform.  Sementara pengguna berusia 25 dan lebih tua menggunakan aplikasi selama lebih dari 24 menit.

Sementara IGTV dapat mengarahkan orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram. Sebelum Instagram Mengeluarkan IGTV Dengan Durasi Video 10 Menit, Instagram berjanji untuk meluncurkan alat yang akan menghitung waktu yang dihabiskan di aplikasinya. Fitur yang konon bakal diberi nama “Usage Insights” ini nantinya akan memberikan durasi berapa lama pengguna memakai Instagram.

Jika kelewat batas waktu, pengguna akan diberikan notifikasi. Menariknya, bocoran screenshot yang diungkap salah satu tim pengembang Instagram, memperlihatkan kalau pengguna bisa mengatur waktu normal membuka Instagram. Untuk diketahui, fitur ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Instagram mengenai dampak internet terhadap kehidupan.

CEO Instagram Kevin Systrom, merasa Instagram perlu membuat pengguna untuk jeda dari kegiatan online untuk sementara waktu. Oleh sebab itu, kehadiran fitur baru ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusinya. Systrom memang tidak secara eksplisit menyebutkan nama fitur baru tersebut. Keberadaan fitur ini ditemukan oleh Jane Manchun Wong, di dalam kode sumber aplikasi Instagram.

Temuan Wong pertama kali dilaporkan oleh Tech Crunch, yang kemudian dikonfirmasi oleh Systrom. Fitur baru itu bernama “Usage Insights”, yang akan memperlihatkan kepada pengguna “time spent”, yakni waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram.

“Kami membuat tools yang akan membantu komunitas Instagram agar lebih mengetahui tentang waktu yang mereka habiskan di Instagram. Kami memahami bagaimana dampak online memengaruhi orang-orang adalah hal yang penting dan ini merupakan tanggung jawab semua perusahaan. Kami ingin menjadi bagian dari solusi dan saya mengambil tanggung jawab itu dengan serius,” jelas Systrom melalui akun Twitter miliknya.

Baca Juga : 
MAS88